Headlines News :
Home » , » Relawan TIK Sinjai Mengajak Pelajar Berinternet Sehat

Relawan TIK Sinjai Mengajak Pelajar Berinternet Sehat

SELAIN memiliki dampak positif, internet yang merupakan salah satu bentuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga bisa berdampak negatif. Karena itu, penggunaan internet secara sehat harus diperkenalkan sejak dini khususnya kepada kaum pelajar.

Pemanfaatan internet sehat tersebut menjadi topik pelatihan yang digelar relawan TIK sinjai bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan (Diskominfobudpar) Kabupaten Sinjai, di Aula SMA Negeri 1 Sinjai Timur, Kamis 26 April lalu.

Pelatihan yang dibuka Kepala Diskominfobudpar Sinjai, Ahmad Suhaemi ini diikuti puluhan siswa SMA Negeri 1 Sinjai Timur, yang terdiri dari siswa kelas 1 dan siswa kelas 2.

Sebelum membuka pelatihan, Ahmad Suhaemi mengatakan, bahwa internet membuat dunia terasa semakin dekat dan manusia bisa belajar banyak hal melalui internet. “Tapi internet juga memiliki dampak negatif sehingga penggunaannya harus benar-benar dimanfaatkan untuk sesuatu yang bersifat positif,” kata Ahmad Suhaemi, di hadapan peserta pelatihan.
Dijelaskan Ahmad Suhaemi, bahwa dengan adanya pelatihan internet sehat, siswa bisa belajar cara memanfaatkan internet yang baik dan benar sehingga tidak berdampak negatif khususnya bagi kaum pelajar.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Sinjai Timur, Muhannis mengaku senang karena relawan TIK Sinjai memilih sekolahnya sebagai salah satu tempat pelatihan internet sehat. Ia berharap, dengan pelatihan itu, anak didiknya yang kini berjumlah 682 orang bisa mengenal internet lebih dalam dan mengetahui bagaimana cara berinternet yang tidak menyimpang. 

“Titik berat pelatihan ini adalah bagaimana anak-anak kami bisa mengetahui internet lebih dalam dan paham cara menggunakan internet yang tidak menyimpang,” ujar Muhannis lalu menambahkan bahwa sejauh ini anak didiknya selalu bersentuhan dengan internet dan sekolahnya memiliki blog yang dijadikan media berkomunikasi dengan masyarakat luas.

Pelatihan penggunaan internet sehat yang digelar relawan TIK Sinjai bekerjasama Diskominfobudpar Kabupaten Sinjai di SMA Negeri 1 Sinjai Timur ini adalah kegiatan yang ke empat kalinya. Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan di tiga kecamatan, masing-masing di Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Borong dan Kecamatan Sinjai Barat.

Sumber :  http://chalimustang.blogspot.com
Share this article :
 
RELAWAN TIK KAB. SINJAI
Sekretariat : Jl. Jend. Sudirman No. 28 Kab. Sinjai-Sulawesi Selatan
Telp/HP : 081241043238, E-Mail : relawantiksinjai@gmail.com
RELAWAN TIK SINJAI | SEMUA BISA JADI RELAWAN